Tips Anak : Membaca Bersama Anak

tips membaca ibu dan anak bersama-sama

Membaca!!!

Dengan arus informasi yang sedemikian cepat, membaca merupakan kemampuan yang harus dimiliki sedini mungkin. Selain memberikan keuntungan berupa pengetahuan ke anak, membaca bersama, apalagi bila dilakukan dengan rutin, juga bermanfaat untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak dan mempererat hubungan orang-tua anak.

Berikut adalah tips membaca bersama anak agar anak tidak bosan :

  • Lakukan seperti sandiwara. Untuk tokoh yang berbeda, gunakan suara berbeda atau nada suara yang berbeda. Misalnya nada/suara lembut untuk tokoh gadis kecil berkerudung merah, dan suara berat/menggeram untuk serigala.
  • Berdekatan dengan anak. Pangkulah anak atau duduk di sampingnya
  • Ajak anak terlibat di alur cerita. Tanyakan pertanyaan sederhana yang memancing kreativitasnya. Misalnya : “Setelah ini, bagaimana?” atau “Kenapa putri salju membantu kurcaci membersihkan rumah?”.
  • Jangan ada interupsi. Maksudnya bukan interupsi dari anak, tapi dari TV, handphone, atau masakan yang gosong. Dengan demikian, Anda memberikan hadiah berharga untuk anak Anda, yaitu 100% perhatian Anda.
  • Ganti tempat dan waktu. Jangan hanya membaca di malam hari saat akan tidur. Bacalah bersama di hari minggu di bawah pohon, atau sambil menemani anak minum susu.
  • Anak Anda tidak bisa duduk tenang? Jangan khawatir. Tidak semua anak dapat duduk diam dan membaca. Cobalah menggunakan buku yang tidak biasa, misalnya buku pop-up. Akan tetapi jangan memaksa Anda untuk duduk. Jika anak Anda memang tidak ingin duduk, teruskanlah membaca di dekatnya. Mungkin anak akan tertarik. Tapi jika dia tidak tertarik, jangan dipaksa, cobalah lain waktu.
  • Anda tidak harus membaca sama persis dengan yang tertulis di buku. Gunakan kata-kata yang dimengerti anak, yang mendeskripsikan gambar di buku. Anda juga bisa menunjukkan gambar pada anak dan memberitahunya gambar apa itu, atau meminta anak berimajinasi dan menyebutkan gambar apa itu.

Selamat membaca bersama anak



Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s