Tips Anak – Anak Rewel Langsung Disodori Game di HP, Itu Tak Mengasah Kreativitas

anak dan gadget

Tak hanya pekerja kantoran, kemajuan teknologi saat ini juga banyak dimanfaatkan oleh orang tua dalam mengasuh anak. Ya, kini banyak orang tua tak mau berlama-lama mendengarkan anaknya rewel sehingga mereka langsung memberikan gadget atau ponsel agar sang anak langsung tenang.

“Mainan sama saja. Handphone atau gadget itu sebenarnya juga bisa jadi mainan yang memang bisa bikin anak fun, happy, dan suka mengeksplorasi. Dia pasti rileks saat memainkannya dan punya daya guna untuk perkembangan anak,” tutur Roslina Verauli M.Psi, psikolog anak dan keluarga RS Pondok Indah, seperti ditulis pada Rabu (20/11/2013).

Menurut Vera, kemajuan teknologi saat ini memang sudah sangat pesat sehingga baik orang tua maupun anak akan beradaptasi dengan hal tersebut. Segala sesuatunya sudah dilakukan dengan gadget atau disebut juga computerized.

“Nah, menggunakan gadget untuk bermain bisa jadi cara anak beradaptasi terhadap perkembangan teknologi yang sekarang makin canggih. Anak bisa mengoperasikannya sesuai dengan kebutuhannya, misalnya main. Harus ada batas penggunaannya juga,” terang Vera.

Computerized yang dimiliki oleh anak saat ini menurut Vera tetap harus diseimbangkan dengan kegiatan lain, terutama aktivitas fisik dan aktivitas yang bisa membuat anak bersosialisasi dengan lingkungannya.

Dikutip Asia One, penggunaan perangkat touchscreen seperti gadget atau ponsel berlebihan pada anak dapat menghambat perkembangannya. Selain itu perangkat layar sentuh juga bisa membuat penglihatan anak menjadi buruk.

Dalam kutipan tersebut, Prof Marjory Ebbeck mengatakan akan lebih baik jika anak bermain dengan permainan berteknologi rendah seperti mainan balok-balok susun. Permainan sederhana ini pada dasarnya membantu anak mengembangkan keterampilan motorik.

‘Permainan digital’ tidak dapat menggantikan efek dramatis dari permainan yang konkret atau permainan di luar rumah. Permainan yang lebih mengandalkan aktivitas fisik dinilai justru merupakan kunci pertumbuhan holistik anak. Misalnya saja berlari dan memanjat. Keduanya dapat memperkuat keterampilan motorik kasar pada anak karena melibatkan penggunaan otot yang lebih banyak.

Sumber : Detik Health

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s