Tips Anak – Kapan Mengenalkan Anak Pada Komputer?

Tips Anak - Kapan Mengenalkan Anak Pada Komputer?

Terlalu banyak menonton televisi tidak baik untuk anak-anak. Kalimat itu sudah merupakan hal yang umum. Akan tetapi, bagaimana dengan komputer untuk anak-anak?
Komputer, terutama di masa ini (dan masa depan), jelas merupakan suatu kebutuhan sehari-hari. Komputer sudah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perkembangan dan pengetahuan. Pertanyaannya, kapan saat yang tepat untuk mengenalkan komputer untuk anak usia dini?

Jangan terlalu cepat mengenalkan anak pada teknologi, tapi juga jangan terlalu lambat. Terlalu cepat dapat menyebabkan perkembangan gerak anak menjadi terhambat, sementara terlalu lambat, merupakan kerugian. Di masa ini pun komputer sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari, dan hal ini masih akan terus berlangsung.

Saat anak sudah bisa menggerakkan mouse (sekitar usia 3 tahun), mungkin itu saat yang baik untuk mulai mengenalkan anak pada komputer. Carilah video-video kartun dari youtube, dan ajarkan anak untuk meng-klik mouse untuk melakukan pause/play.
Jika anak tampak tertarik dengan komputer, carilah software-software edukatif untuk anak usia dini, atau website edukatif untuk anak-anak dan biarkan mereka bermain dengan mouse dan layar. Setelah mereka duduk di TK, software maupun web edukatif dapat menjadi sumber pembelajaran alternatif selain bahan dari sekolah.

Selamat mengenalkan anak pada komputer

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s