Tips Anak – Membimbing Anak Berpikir Kreatif

tips mengajar anak berpikir kreatif, anak bukan mesin nilai sekolah
Dengan kurikulum yang semakin padat, anak seolah-olah hanya menjadi mesin untuk mengejar nilai akademis. Hal itu, mau tidak mau, harus dilakukan, karena budaya di Indonesia terkadang masih melihat kemampuan seseorang dari nilai.
Selama kurikulum (yang sudah membudaya) itu belum berubah (terutama dari lembaga formal pemerintah), anak bisa kesulitan  berpikir kreatif dan memcahkan masalah dalam kehidupan nyata. Karena itu, sebaiknya orang tua lah yang proaktif bertindak agar anak tidak menjadi mesin.
Berikut tips-tips untuk mendidik anak berpikir kreatif:

Ajar anak untuk “selalu bertanya”
Bahkan dalam kehidupan sehari-hari, banyak hal-hal yang bisa dipelajari. Misalnya saat melihat air mengalir, pancing anak untuk bertanya “kenapa air mengalir ke selokan?” (karena selokan lebih rendah dan air mengalir dari tempat tinggi ke rendah). Mungkin di sekolah saat ini, kultur bertanya masih belum umum, tapi di kehidupan nyata, “bertanya” itu menjadi sesuatu yang penting. Disinilah peran orang tua untuk mengajarkan bahwa banyak bertanya itu bukan berarti bodoh.

Jangan Menjawab Pertanyaan Anak

Jika anak bertanya, jangan langsung dijawab. Berikanlah petunjuk untuk memecahkan masalah, misalnya dengan mencari di buku atau internet. Akan tetapi, hal yang penting adalah orang tua tidak boleh lepas tangan, tapi tetap harus memberi petunjuk dan mendampingi (sampai usia tertentu)



Jangan Memaksa Anak untuk Serba Bisa
Anak anda jago bahasa, tapi tidak bisa matematika? Maka jangan memaksa anak untuk memperoleh nilai sempurna di matematika, akan tetapi secukupnya (untuk lulus/naik kelas). Akan tetapi perkuatlah anak di bidang bahasa, dimana bakatnya nampak jelas. Cari tahu bakat anak dan kembangkan bakat dan minatnya.


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s