Belajar Anak – Mengenal Bentuk dan Warna

Lembar belajar penuh warna ini dapat digunakan untuk mengajari anak TK/balita mengenai bentuk dan warna dasar, misalnya bentuk :(bujur sangkar, segitiga).
Dapat juga digunakan untuk menghitung angka 1-10.

belajar anak TK/balita, mengenal bentuk & warna, menghitung angka 1-10


Usia :
balita, TK

Bahan-bahan :

Cara membuat :

  1. Download dan print lembar kerja disini
  2. Kerjakanlah sesuai petunjuk pada lembar kerja

Orang tua kadang beranggapan bahwa belajar matematika hanya identik dengan kegiatan eksperimen dan duduk di belakang meja. Padahal dengan berdiskusi, Anda dapat lebih banyak bereksplorasi perihal pemahaman dan daya tangkap si kecil. Selama Anda duduk di meja makan, mengantarnya ke prasekolah atau ketika sedang mengantri di dokter anak, Anda dapat melakukan beragam dialog dan tanya-jawab seputar konsep matematika.
 Saat sarapan pagi, Anda dapat berdiskusi tentang ukuran, misalnya dengan menuangkan teh hangat setengah atau satu cangkir penuh. Anda juga dapat memintanya menambahkan gula beberapa sendok dan mendiskusikan perihal ukuran yang diberikannya: satu atau dua sendok teh. Juga bandingkan dengan satu sendok makan. Samakah atau lebih sedikit?Saat belanja juga bisa digunakan untuk belajar mengklasifikasi dan mengenal pola berdasarkan bentuk dan warna, juga mengenal konsep magnitude (menggambarkan atau membandingkan ukuran). Misalnya, Anda dapat meminta bantuan si kecil mengambilkan gula pasir dalam kemasan ukuran kecil dan sedang. Atau, Anda juga bisa memintanya mengambil jus dalam kemasan kotak dengan beragam rasa, yang biasanya dibendakan dengan warna kemasan. Tak berhenti sampai di situ, Anda bisa mengeksplorasi ragam dalam “dunia” bentuk, warna dan ukuran melalui diskusi selama belanja.
 Makan di luar rumah juga bisa dimanfaatkan belajar, dengan memintanya memesan minuman ukuran small, dan regular atau large. Atau, es krim ukuran small dan big. Sekali lagi kegiatan “belajar” matematika melalui kegiatan sehari-hari dan bermain tak selesai dengan hanya mengenal, dan mengingatnya saja. Membahas dan mendiskusikan hasil pengamatan akan membantu si kecil mencerna dan mengingatnya. Buat orang tua sendiri berguna untuk memantau dan mengevaluasi kemajuan pemahaman anak. 

    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s