Kerajinan Anak – Gantungan Kelinci

Mari membuat prakarya sendiri sambil belajar gunting tempel. Kerajinan anak berupa gantungan hiasan dinding ini cocok untuk anak balita/TK yang sedang belajar gunting/tempel. Tersedia bermacam-macam pola gambar kelinci

kerajinan anak TK/balita, gunting tempel hiasan pola gambar kelinci untuk gantungan


Usia :

TK, balita

Untuk orang tua :

  • Bantu anak merangkai hiasan


Bahan-bahan :

  • kertas tebal untuk print
  • Tali/benang
  • Selotip
  • Gantungan baju (hanger)
  • Pola gantungan


Cara membuat :

  1. Download dan print pola hiasan 
  2. Potong sesuai bentuk. Jangan potong pada garis tengah-tengah 
  3. Potong benang dengan panjang yang diinginkan
  4. Tempelkan benang pada salah satu potongan pola menggunakan selotip
  5. Lem pola hiasan paskah pada salah satu potongan pola
  6. Tempelkan gambar yang sesuai di sisi 1 dengan pasangannya di sisi 2 (yang terbalik kiri-kanan) sehingga benang berada di tengah-tengah
  7. Ulangi langkah 4-6 sebanyak yang diinginkan, dengan bentuk yang berbeda-beda
  8. Ikatkan benang di gantungan baju atau di gantungan lain (lihat gambar)

Kelinci Angora
Kelinci Angora adalah salah satu jenis kelinci peliharaan tertua, berasal dari Ankara, Turki, yang pertama kali ditemukan dan dibawa oleh pelaut Inggris. Kemudian di bawa ke Perancis tahun 1723. Tahun 1777 Angora menyebar ke Jerman. Tahun 1920 meluas ke negara-negara Eropa Timur, Jepang, Kanada, dan Amerika Serikat. Sampai kini Prancis menjadi pusat peternakan kelinci Angora terbesar yang menghasilkan wool.
Di Indonesia kelinci jenis angora banyak diminati sebagai kelinci hias.
Ada banyak jenis kelinci angora, misalnya French anggora, German anggora, Giant anggora, English anggora, Satin anggora, Chinese anggora, anggora Swiss, Finnish anggora, dsb. Kelinci angora Inggris merupakan keturunan angora Perancis (French angora).

Warna bulunya bervariasi putih, coklat, hitam, hitam putih, agouti, bintik-bintik putih, abu-abu, oranye, dan campuran atau kombinasi dari warna-warna tsb.

Kelinci anggora memiliki ciri bulu yang tebal dan lembut diseluruh bagian permukaan tubuhnya. Selain itu terdapat ciri lain, yaitu adanya bulu yang tumbuh di ujung telinga dan kaki depan, bersamaan dengan bulu panjang yang terdapat di tubuhnya. Kelinci ini memiliki temperamen yang lembut, tetapi tidak cocok untuk orang yang tidak suka menyisiri binatang peliharaannya.

Pada umur dewasa mereka bisa mencapai berat 2,0 kg – 4,0 kg baik jantan maupun betina, dan berumur 5-7 tahun tergantung jenis dari anggoranya. Jumlah anak maksimal dalam satu kali melahirkan sebanyak 6 ekor. Pertumbuhan bulunya yang sangat cepat yakni 2.5 cm per bulan, sehingga harus rajin mencukurnya 6-8 cm setiap tiga bulannya agar bulunya tidak menggumpal.

Leave a comment