Permainan Anak – Labirin Kupu-Kupu

Bantulah anak balita atau TK Anda untuk memecahkan labirin ini. Bermain labirin akan mengasah kemampuan logika, pemecahan masalah, dan kemampuan visual anak sekaligus melatih tangan anak untuk memegang pensil atau alat tulis dengan mantap.

permainan anak balita/TK, gambar maze (labirin) kupu-kupu & bunga


Usia :
balita, TK

Bahan-bahan :

Cara Membuat :

  1. Download dan print labirin/maze disini
  2. Kerjakanlah labirin sesuai petunjuk

Cerita Kepompong Ulat
Tahukah kita bahwa kupu-kupu yang indah itu berasal dari ulat kepompong yang sama sekali tidak menarik untuk dipandang, bahkan bagi sebagian orang agak menjijikkan, apalagi jika mengenai kulit, kita pasti akan merasa gatal.
Untuk menjadi kupu-kupu yang indah dan dapat terbang, ulat kepompong harus mengalami sebuah perubahan (transformasi) yang disebut juga metamorfosis. Kata metamorfosis berasal dari kata metamorphoo yang artinya diubah, ditransformasi, atau berubah bentuk. Oleh karena itu, proses perubahan (transformasi) yang kita alami dapat digambarkan seperti proses yang dialami oleh ulat kepompong yang berubah menjadi kupu-kupu.
Satu waktu, ada seseorang yang menemukan ulat kepompong di sebuah pohon di pekarangan rumahnya. Orang itu memperhatikan bahwa di dalam kepompong tersebut ada ulat kecil (bakal kupu-kupu) yang sedang menderita dan berjuang untuk melepaskan diri dari kepompong tersebut. Karena ia merasa kasihan dengan penderitaaan ulat tersebut, ia lalu mengambil pisau silet untuk merobek kepompong tersebut. Ulat tersebut memang langsung bebas dari penderitaan, tetapi pertolongan itu justru membuat ulat menjadi kupu-kupu yang tidak dapat terbang. Perjuangan ulat untuk keluar dari kepompong sebenarnya merupakan cara yang telah dirancang oleh Tuhan untuk menumbuhkan dan menguatkan sayap yang indah. Karena tidak dapat terbang, akhirnya sang kupu-kupu tersebut mati. Orang yang berniat untuk membantu sang kupu-kupu malah tanpa sengaja telah membuat kupu-kupu tersebut mati muda.
Seringkali dalam perjuanganlah kita mendapat kekuatan sehingga di kala kita sudah cukup kuat, kita dapat terbang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s