Kerajinan Anak – C for Crab

C for Crab!!!
Ajari anak Anda bahasa inggris sambil bermain gunting-tempel dengan membuat gambar kepiting (Crab) berbentuk huruf C.
Kerajinan ini cocok untuk anak yang sedang belajar kosakata hewan bahasa inggris, dan bisa dilakukan sambil bermain.

kerajinan anak TK/SD, gunting tempel huruf C (bahasa inggris untuk Crab)


Usia : 
SD kelas 1

Untuk orang tua :

  • Bantu anak memotong bagian yang sulit


Bahan-bahan :

  • Kertas merah
  • Kertas coklat/karton
  • Kertas biru
  • Gunting
  • Lem
  • 2 mata mainan
  • Pola huruf


Cara membuat :

  1. Download dan print pola huruf disini
  2. Jiplak pola dan potong pada kertas merah yang sesuai dengan petunjuk pola. Buat bentuk ombak dari kertas biru dan tempelkan pada karton.
  3. Tempelkan pola mata dan tangan di badan (huruf C)
  4. Tempelkan mata mainan di atas pola mata

  
Cerita Monyet dan Kepiting
Suatu hari ada seekor Monyet yang berjalan terhuyung-huyung kelaparan. Monyet itu sedang mencari sesuatu yang bisa dimakan. Akhirnya  Monyet menemukan biji pohon kesemek. Karena terlalu kecil, Monyet itu tidak memakannya.

Tiba-tiba ada sebuah nasi kepal yang berjalan sendiri. Ternyata nasi kepal itu dibawa oleh seekor Kepiting. Karena nasinya besar, sosok Kepiting itu tidak kelihatan. Monyet yang melihat nasi kepal itu kaget. Monyet bermaksud memakan nasi kepal itu, tapi Kepiting tidak mengizinkan.

Monyet bermaksud menukarkan biji pohon kesemeknya dengan nasi kepal milik Kepiting. Monyet berkata bohong kepada Kepiting bahwa biji pohon kesemek tersebut apabila ditanam akan segera tumbuh menjadi pohon dan berbuah banyak. Akhirnya Kepiting setuju dengan pertukaran itu. Setelah Kepiting pergi, Monyet tertawa karena berhasil menipu Kepiting dan mendapatkan nasi kepal.

Setelah sampai di rumah, Kepiting menceritakan kepada anak-anaknya tentang biji pohon kesemek itu. Mereka menanamnya. Karena tidak sabaran, Kepiting menyanyikan lagu: ”Segeralah jadi pohon, dan berbuahlah, kalau tidak akan kutebang!”. Ternyata dalam sekejap biji itu telah menjadi pohon kesemek dan berbuah banyak. Mereka sangat senang.

Kepiting bermaksud memetik buah, tapi karena pohonnya tinggi dan tidak bisa memanjat, Kepiting tidak bisa memetik buah itu. Monyet yang sedang bersembunyi di dekat mereka menawarkan diri untuk memetik buah. Monyet dengan mudahnya naik ke atas pohon. Tapi di atas pohon Monyet memakan buah itu sendirian dan tidak mau berbagi dengan para Kepiting. Karena para Kepiting terus meminta, Monyet melempar buah kesemek ke punggung Kepiting. Kepiting sakit, tangannya diperban.

Mendengar Kepiting sakit, tiga orang temannya datang menjenguk. Mereka adalah Si Lebah, Si Kastanyet dan Si Lesung. Setelah mendengar alasan Kepiting sakit, mereka bermaksud membalas perbuatan Monyet.

Mereka bertiga datang ke rumah si Monyet saat rumahnya kosong dan mereka bersembunyi di sana. Saat Monyet pulang ke rumah, Si Kastanyet menusuk pantat Monyet dengan pedang. Lalu lebah menusuknya lagi dengan tombak dan terakhir, si Lesung yang bertubuh besar menindihnya.

Kepiting datang ke rumah Monyet. Monyet minta maaf kepada Kepiting. Kepiting memaafkan Monyet. Mulai saat itu Monyet membantu mereka semua memetik buah kesemek. Mereka semua hidup dengan saling kerjasama.

    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s