Kerajinan Anak – Boneka Jari Burung

Yuk membuat boneka burung cantik yang warna-warni untuk dikenakan di jari, dan dimainkan bersama kawan-kawan. Kerajinan gunting tempel untuk anak SD ini cocok untuk bermain di akhir pekan.

kerajinan anak, prakarya dari kertas, gunting tempel, SD, TK, boneka jari burung



Usia :
SD, TK

Untuk orang tua :

  • Bantu anak menggunting bagian yang sulit


Bahan-bahan :


Cara Membuat :

  1. Download dan print boneka jari disini
  2. Gunting sesuai pola
  3. Potong boneka sesuai pola
  4. Lipat di tengah-tengah dan lem pada ujung paruh
  5. Lem bagian yang ditandai pada badan burung sehingga membentuk cincin yang pas di jari. Potong pola cincin, bentuk melingkar dan lem ujungnya
  6. Tempelkan cincin di bagian paruh
  7. Lem sayap pada bagian yang ditandai, lipat ke atas dan tempelkan
  8. Selesai… selamat bermain

Burung toucan
Siapa yang tidak kenal burung toucan? Burung toucan yang habitatnya di hutan hujan ini memiliki paruh yang sangat besar. Paruh yang istimewa ini membuatnya menjadi salah satu burung yang paling terkenal di dunia.

Burung toucan memiliki paruh yang sangat besar dibandingkan dengan paruh burung lain yang seukuran tubuh dengannya. Paruhnya ada yang berwana-warni dan pada umumnya berwarna terang. Paruh ini sangat ringan dan kuat karena strukturnya tidak pejal dan memiliki rongga berisi banyak udara. Bulunya berwarna gelap kecuali pada bagian leher dan sebagian bulu sayap dan ekor yang berwarna cerah. Panjang tubuhnya sekitar 65 cm dan panjang paruhnya sendiri sekitar 20 cm.

Paruh toucan yang sangat besar dan berwarna-warni. Paruh toucan yang panjang sangat berguna sebagai alat makan. Paruh ini cukup panjang untuk menjangkau buah pada cabang pohon yang terlalu kecil untuk menyangga tubuhnya, dan juga untuk mengupas buah. Saat makan buah kecil, toucan seringkali memiringkan kepalanya ke belakang, untuk menggelindingkan buah kecil tersebut ke dalam kerongkongannya sebelum ditelan.
Paruh besar tersebut bisa jadi merupakan penarik perhatian pasangan pada masa kawin. Namun, baik toucan jantan maupun betina memiliki paruh yang besar. Toucan menggunakan paruhnya untuk saling menangkap dan melemparkan buah kecil atau potongan buah kepada pasangannya saat ritual perkawinan.
Sebagai senjata, paruh besar ini lebih berfungsi sebagai pajangan daripada sebagai alat bertarung. Meskipun ukuran paruh ini dapat menghalangi predator, namun tidak banyak berguna dalam memerangi para predator.

Burung toucan berasal dari hutan hujan Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Toucan terutama hidup di hutan hujan antara Mexico dan Argentina. Burung ini merupakan ikon hutan hujan. Burung toucan mempunyai peranan penting bagi hutan hujan karena burung ini merupakan vector yang membantu menyebarkan biji pepohonan yang buahnya menjadi makanan toucan.

Burung toucan adalah omnivora. Omnivora maksudnya adalah pemakan tumbuhan maupun hewan. Makanan utama toucan adalah buah-buahan. Selain buah-buahan, toucan juga makan serangga, dan kadang-kadang burung-burung muda, telur, dan kadal.

Toucan hidup berpasangan atau dalam kawanan kecil sekitar enam burung. Kawanan burung toucan dikenal sebagai kelompok burung yang paling berisik di hutan hujan. Burung taoucan suka mengeluarkan berbagai suara secara bersahut sahutan, terutama di pagi hari.
Toucan bersarang di lubang pohon yang dibuat oleh hewan lain (misalnya burung pelatuk). Paruhnya tidak bisa digunakan untuk melubangi pohon. Burung toucan biasanya memiliki dua sampai empat telur. Toucan jantan dan betina bekerjasama menjaga telur mereka. Toucan yang masih muda tidak memiliki paruh yang besar saat lahir, paruhnya semakin lama semakin besar bersamaan dengan pertumbuhan toucan muda. Toucan muda memerlukan waktu beberapa bulan sampai ukuran paruh besarnya menjadi sempurna.

    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s