Belajar Anak – Menulis Huruf I-L

Anak balita atau TK anda sedang belajar menulis huruf? Lembar aktifitas ini berisi latihan menulis huruf besar (kapital). Sangat cocok untuk anak kecil yang sedang berlatih menggunakan alat tulis dan mengenal huruf. 

belajar paud anak TK/balita, latihan menulis huruf besar (kapital), A-Z, mewarnai koala


Usia :
Balita, TK

Bahan-bahan :


Cara membuat :

  1. Download dan print lembar kerja disini
  2. Kerjakan sesuai petunjuk pada lembar kerja

Koala

Koala adalah binatang yang lucu, seluruh badannya dipenuhi bulu-bulu yang halus dengan cakar yang tajam dan hidung yang besar. Binatang marsupial yang terkenal ini adalah simbol negara Australia.

Koala adalah binatang yang pemilih dalam soal makanan. Koala hanya memakan 60 dari 800 spesies pohon eucalyptus yang ada di Australia. Daun eucalyptus terdiri dari 50% air, 5% gula dan kanji. Makanan ini rendah energi, sehingga koala menghemat energi mereka dengan cara tidur selama 18-20 jam per hari.

Koala memiliki genggaman yang kasar dan cakar yang tajam untuk memanjat pohon. Koala juga adalah salah satu dari sedikit binatang yang memiliki sidik jari. Sidik jari mereka mirip dengan milik manusia dan bahkan sulit untuk membedakan sidik jari koala dari manusia di bawah mikroskop.

Koala memakan 400-600 gram daun eucalyptus per harinya dan jarang sekali minum. Kata “koala” sendiri diambil dari bahasa Aborigin yang artinya “tidak minum”. Hal ini berarti koala hampir tidak pernah mau turun ke tanah untuk minum.

Koala adalah binatang berkantung dan berkembang biak pada Musim Semi dan Musim Panas. Biasanya koala melahirkan satu anak sesudah masa persiapan selama 33 sampai 35 hari. Pada waktu lahir bayi koala masih kecil, tidak berbulu, buta, dengan kaki belakang yang belum sempurna tetapi mempunyai kaki depan yang kuat. Segera sesudah lahir anak koala mencari ibunya untuk menyusu. Pada kebanyakan binatang berkantung puting susunya terdapat di dalam kantung, di sinilah bayi koala disusui sampai menjadi besar.

Dan umur 6 sampai 7 bulan, koala suka makan makanan khusus sejenis kotoran ibunya yang disebut “bubur”. Bubur iri menghasilkan bakteri yang diperlukan untuk mencerna daun eukalyptus. Pada umur delapan bulan anak koala sudah tumbuh terlalu besar untuk tetap tinggal di kantung, dan naik ke atas punggung ibunya. Pada umur 12 bulan koala muda menjadi dewasa.

    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s