Belajar Anak – Hewan & Makanan

Belajar mengenai rantai makanan dengan gambar-gambar lucu. Ajarilah anak tentang hewan dan makanannya, pemangsa dan mangsa, dengan gambar penuh warna ini.

belajar ilmu pengetahuan anak kelas 3 SD, rantai makanan, pemangsa & mangsa


Usia :

  • SD kelas 3


Bahan-bahan :


Cara membuat :

  1. Download dan print lembar kerja disini
  2. Kerjakan sesuai petunuk pada lembar kerja


    Rantai Makanan & Jaring-jaring Makanan
    Setiap makhluk hidup membutuhkan energi untuk hidup. Setiap hewan melakukan sesuatu (berlari, melompat) mereka menggunakan energi untuk melakukannya. Hewan mendapatkan energi dari makanan yang mereka makan, dan semua makhluk hidup mendapatkan energi dari makanan. Tanaman menggunakan sinar matahari, air dan nutrisi untuk mendapatkan energi (dalam proses yang disebut fotosintesis). Energi diperlukan untuk makhluk hidup untuk tumbuh.

    Rantai makanan adalah perpindahan energi dari organisme pada suatu tingkat tropik ke tingkat tropik berikutnya dalam peristiwa makan dan dimakan dengan urutan tertentu. Rantai makanan secara konseptual terstruktur dalam tingkatan tropik. Sebuah tingkatan tropik mencakup semua organisme atau spesies dengan posisi yang sama dalam rantai makanan. Tingkatan tropik terendah adalah produsen yang tidak memakan organisme lain, tetapi dia bisa berfungsi sendiri sebagai makanan, misalkan tanaman hijau. Semua organisme yang bukan produsen dapat diringkas sebagai konsumen yang membutuhkan organisme lain untuk makan. Sebagian besar konsumen adalah herbivora. Puncak tertinggi dalam tingkatan tropik ditepati oleh predator yang hampir tidak mungkin dimakan oleh organisme lain. Posisi konsumen yang berada diantara herbivora dan predator, dia memakan organisme lain tetapi juga mempersiapkan diri sebagai makanan dari para predator diatasnya. Panjang tingkatan tropik dalam rantai makanan ditentukan oleh kompleksitas suatu ekosistem, namum umumnya banyaknya tingkatan tropik tidak jauh berbeda tiap ekosistem.
    Posisi herbivora urutannya relatif tetap berada paling bawah dalam tingkatan tropik. Sedangkan posisi konsumen pemakan herbivora sering berubah tergantung pada panjang rantai makanan. sebagai contoh rantai makanan, elang bisa memakan merpati, sedangkan merpati adalah pemakan biji (herbivora). Maka rantai makanan yang terjadi adalah tiga tingkatan yakni, elang, merpati dan tumbuhan biji. Tetapi bisa juga tumbuhan biji dimakan oleh serangga, dan serangga dimakan oleh merpati sehingga urutan rantai makanan berubah menjadi empat tingkatan.

    Semua makhluk hidup perlu makan untuk mendapatkan energi untuk tumbuh, bergerak dan bereproduksi. Tapi apa hal-hal yang hidup memakan? Kecil serangga memakan tanaman hijau, dan hewan yang lebih besar memakan yang lebih kecil dan sebagainya. Hubungan makan dalam suatu ekosistem disebut rantai makanan. Rantai makanan biasanya secara berurutan, dengan panah digunakan untuk menunjukkan aliran energi.

    Dalam ekosistem, suatu organisme tidak hanya makan satu jenis makanan saja, dan juga dapat dimakan oleh beberapa jenis pemangsa. Oleh karena itu terjadi beberapa rantai makanan yang saling berhubungan. Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan ini disebut dengan jaring-jaring makanan.
    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s